|
Daftar

Liputan Kegiatan Penandatanganan MoU antara Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi NTB dan Bupati Bima dan Knowledge Sharing "Perkembangan dan Evaluasi Penyelenggaraan Penyaluran Dana Desa dan DAK Fisik Tahun 2017"

1. Penandatanganan MoUKantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Bima menjadi tuan rumah hajatan besar pada tanggal 19 September 2017. Peristiwa yang sangat langka terjadi, Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, Kepala Polres Kota Bima AKBP Ahmad Nurman Ismail, S.IK, Kepala Polres Kab. Bima AKBP Eka Faturahman, S.H., S.IK, beserta Kepala Kanwil DJPb Prov. NTB Taukhid, SE, M.Sc.IB., MBA, berkumpul bersama di Aula Lantai II dalam kegiatan penandatanganan MoU Kepala Kanwil DJPb Prov. NTB dengan Bupati Kab. Bima tentang Pemanfaatan Bersama Data dan Informasi Serta Penguatan Koordinasi Penyelenggaraan Pelaksanaan Kebijakan Pengelolaan Keuangan Publik Dalam Pelaksanaan Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, dan Knowledge Sharing "Perkembangan dan Evaluasi Penyelenggaraan Penyaluran Dana Desa dan DAK Fisik Tahun 2017”, dengan tema "Langkah Pasti Menuju Good Governance Pengelolaan Keuangan Desa untuk Kesejahteraan Masyarakat Nusa Tenggara Barat". Kegiatan tersebut  juga dihadiri oleh seluruh camat serta Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kab. Bima dan Kab. Dompu.

Kegiatan penandatangan MoU tersebut dimaksudkan sebagai kerangka dasar yang menjadi acuan dalam kegiatan Pemanfaatan Bersama Data dan Informasi serta Penguatan Koordinasi Penyelenggaraan Pelaksanaan Kebijakan Pengelolaan Keuangan Publik Dalam Pelaksanaan Hubungan Keuangan Antara Pemerintah Pusat Dan Pemerintah Daerah.2. Kepala KPPN Bima Kapolres Kota Bima Bupati Bima Kepala Kanwil DJPb Prov. NTB dan Kapolres Kab. Bima menayangkan MoU

Kegiatan diawali dengan pemaparan Kepala KPPN Bima Drs. Saprudin mengenai peran KPPN Bima yang tugas dan fungsinya mencairkan dana pemerintah pusat sebesar Rp850 milyar, dan mulai tahun 2017 mendapatkan tambahan tugas menyalurkan Dana Alokasi Khusus Fisik (DAK Fisik) dan Dana Desa (DD) sebesar Rp605 milyar, yaitu DAK Fisik Rp389 milyar dan Dana Desa Rp216 milyar. Sampai dengan tanggal 19 September 2017, DAK Fisik telah tersalur sebesar Rp215 milyar (55%), dan Dana Desa Rp154 milyar (71%). Secara lebih rinci,  DAK Fisik adalah untuk Kab. Bima Rp172 milyar cair Rp95 milyar, Kab. Dompu Rp94 milyar cair Rp52 milyar, dan Kota Bima Rp123 milyar cair Rp68 milyar, sedangkan DD Kab. Bima Rp155 milyar cair Rp93 milyar (60%), dan Kab. Dompu Rp61 milyar telah cair 100%.

9. Suasana Kegiatan Knowledge SharingSetelahnya, digelar acara puncak yaitu pendatanganan MoU yang disaksikan oleh Kepala Polres Kota Bima dan Kepala Polres Kab. Bima, kemudian dilanjutkan dengan amanat yang disampaikan oleh Kakanwil DJPb Prov. NTB dan Bupati Bima. Dalam amanatnya, Kepala Kanwil DJPb Prov. NTB antara lain menyampaikan mengenai prioritas penggunaan DD dan tingkat penyerapannya, sedangkan Bupati Bima menyampaikan mengenai peran penting camat dalam membina pengelolaan keuangan desa, yang antara lain mengantarkan Desa Leu Kec. Bolo mendapatkan berbagai penghargaan di tingkat provinsi NTB. Selain itu yang lebih membanggakan, camat Bolo adalah satu-satunya camat wanita di Kab. Bima, sehingga menunjukkan bahwa prestasi itu tidak mengenal gender.

 

Acara kemudian dilanjutkan dengan Knowledge Sharing, yang dipandu oleh Kepala Bidang PPA II Kanwil DJPb Prov. NTB M. Budi Dharmanto, dan paparan oleh Kakanwil DJPb Prov. NTB. Dalam pemaparannya, disampaikan gambaran lengkap mengenai hal-hal terkait perekonomian dan kondisi ketenagakerjaan di Kab. Bima dan Kab. Dompu. Untuk penyaluran  DAK Fisik dan DD, pada umumnya berjalan dengan baik dan lancar, demikian pula dengan laporan penyerapan DD, sehingga tahap kedua sebagian telah dapat disalurkan. Selain itu, disinggung juga mengenai penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR), yang menunjang kegiatan perekonomian dan usaha rakyat NTB.

Sebelum pemaparan, sebagai apresiasi atas penyampaian Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tepat waktu, Kanwil DPJb Prov. NTB memberikan Piagam Penghargaan kepada seluruh camat Kab. Bima dan Kab. Dompu, yang disampaikan langsung oleh Kakanwil.

6. Penyerahan Piagam Penghargaan kepada Para Camat 1  7. Penyerahan Piagam Penghargaan kepada Para Camat 2

Sehari sebelum kegiatan tersebut, Kepala Kanwil DJPb Prov. NTB dan jajaran dengan didampingi Kepala KPPN Bima dan jajaran serta difasilitasi oleh DPMPD Kab. Bima, mengunjungi desa yang mempunyai pengelolaan keuangan yang baik serta telah menggunakan DD untuk peningkatan sarana prasarana desa serta peningkatan kesejahteraan masyarakatnya, yaitu Desa Panda Kec. Palibelo dan Desa Maria Utara Kec. Wawo, keduanya di wilayah Kab. Bima. Kegiatan dilaksanakan dengan melakukan dialog santai dengan Kepala Desa, perangkat desa, serta Kepala Badan Permusyawaratan Desa (BPD), dan juga petugas pendamping desa. Dalam keterangannya, Kepala Desa Panda maupun Kepala Desa Maria Utara menyampaikan bahwa penggunaan seluruh DD telah melalui musyawarah mufakat dengan komponen desa, sehingga seluruh penggunaan dan pelaporan berjalan dengan lancar dan baik, dan manfaatnya pun dirasakan seluruh masyarakat.

4. Amanat Bupati Bima  3. Amanat Kakanwil DJPb Prov. NTB

Dengan seluruh rangkaian kegiatan tersebut, diharapkan kita mengetahui bahwa gerak langkah seluruh komponen di bidang perbendaharaan negara adalah untuk bersama-sama seluruh rakyat membangun ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan kehadiran KPPN Bima adalah untuk bersama Anda membangun ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Bima dan Dompu.  

 

Add comment


Security code
Refresh

BANNER 

You need to upgrade your Flash Player