|
Daftar

Mekanisme Penyaluran & Pertanggungjawaban DAK Fisik & Dana Desa & Pelatihan Teknis Aplikasi OM SPAN

 

FOCUS GROUP DISCUSSION 

1 dana desaSelasa, 23 Mei 2017 bertempat di Aula KPPN Bima, telah dilaksanakan acara FGD terkait teknis DAK Fisik & Dana Desa. KPPN Bima mengundang seluruh jajaran Dinas baik dari Kota Bima, Kab Bima, dan Kab Dompu. Peserta yang diundang adalah pihak yang nantinya akan mendapatkan DAK Fisik & Dana Desa.

Acara terbagi menjadi dua sesi. Sesi pertama pada pukul 08.00-12.00 WITA untuk sosialisasi Mekanisme Penyaluran dan Pertanggungjawaban DAK Fisik & Dana Desa. Sesi kedua pada pukul 13.00-14.30 WITA untuk Pelatihan (Training) Teknis Aplikasi OM SPAN.

Dalam sesi pertama, KPPN Bima mendapatkan tamu kehormatan yaitu Bapak Widagdo M.Petrus, SH, M.Hum selaku Kepala Kejari Kota Bima yang turut menjadi narasumber dalam acara ini. Beliau menghimbau kepada seluruh Dinas yang terkait penggunaan dana ini agar selalu dalam kerangka pembangunan. "Ini bukanlah dana untuk pribadi, ini bukanlah dana untuk syukuran, dan fungsinya hanyalah untuk pembangunan. Jadi barang siapa yang melakukan penyelewengan silakan bersiap untuk berhadapan dengan kami. Sudah banyak contoh yang tertangkap", begitu imbuhnya.

2 dana desa

Memang dalam pelaksanaan DAK Fisik & Dana Desa ini jumlah nominal yang diterima cukuplah besar. Untuk lingkup KPPN Bima ini total dana yang dikelola adalah lebih kurang sekitar 600 Milyar Rupiah. Tiap desa yang mendapat dana, akan mendapatkan sekitar 800 Juta hingga 1 Milyar. Tentunya disini akuntabilitas serta transparansi para pejabat pengelola sangat diperlukan dan jangan sampai ada penyelewengan sehingga bantuan tidak tepat sasaran.

Untuk DAK Fisik, terbagi menjadi 3 macam yaitu DAK Affirmasi, DAK Penugasan, dan DAK Reguler. Dalam 3 macam DAK tersebut ada beberapa macam bidang yang akan menjadi sasaran seperti pendidikan, kesehatan, perumahan dan pemukiman, pertanian, kelautan dan perikanan, sentra industri kecil dan menengah, pariwisata, air minum, sanitasi, jalan, pasar, irigasi, dan transportasi. Sedangkan untuk Dana Desa dana yang diterima adalah bertujuan untuk pembangunan dan modernisasi desa tersebut.

3 dana desa

Sebagai Aparatur Sipil Negara yang bertanggung jawab dan berintegritas tinggi tentunya kesempatan ini harus kita manfaatkan sebagai sumbangsih kita kepada negara dalam wujud tenaga dan pikiran. Realisasi dari program Nawacita oleh Presiden kita Bapak Jokowi ini telah memberikan bantuan kepada daerah-daerah yang bertujuan untuk membangun Indonesia, maka mari kita jaga dengan kerja nyata dan tidak menodai dengan perbuatan-perbuatan yang tidak sepatutnya.

#SadarAPBN #KemenkeuTerpercaya #DJPBNKawalAPBN

(Rifqi Ahmaddzun Nadhor)

 

 

Add comment


Security code
Refresh

BANNER 

You need to upgrade your Flash Player