|
Daftar

Sosialisasi Pengenalan APBN di SMAN 1 Kota Bima

 

DSC 0051Sabtu, 30 Juli 2016 yang lalu tim KPPN Bima yang terdiri atas 7 orang pegawai (Nur Abdul Haris, Bandung Sapardi, Ifan Danny Mokoginta, Rifqi Ahmaddzun Nadhor, Arda Wicaksana Nhaya, Sulaiman, Zubaidah) mengadakan tour dalam rangka sosialisasi pengenalan APBN ke SMA Negeri setempat. Pada kesempatan kali ini, SMAN yang beruntung mendapatkan giliran adalah SMAN 1 Kota Bima yang bertempat di daerah Penaraga.

Misi yang dibawa oleh tim KPPN Bima ini, adalah untuk sarana pengenalan sejak dini kepada adik-adik kita di SMA tentang sadar APBN. Narasumber yang mengisi acara ini, dibagi menjadi beberapa tahap. Tahap pertama dibuka oleh Bandung Sapardi yang menjelaskan tentang apa itu APBN serta apa contoh-contoh nyata perkembangan infrastruktur yang dibiayai oleh APBN di Kota Bima seperti pembangunan Bandara, jalan pintas Amahami dan Kalaki, perbaikan aspal lintas utama jalur Bima-Sape, dan lain sebagainya. Dalam sesi penjelasan oleh narasumber, terdapat selingan-selingan pertanyaan yang dilontarkan kepada adik-adik kita. Dan bagi yang dapat menjawab namanya akan dicatat oleh tim untuk kemudian mendapatkan hadiah di akhir acara. Setelah selesai menjelaskan tahap pertama, peserta dipersilakan untuk bertanya dan tentunya nama penanya akan dicatat untuk mendapatkan hadiah.

DSC 0077

Tahap kedua diisi oleh Rifqi Ahmaddzun Nadhor yang menjelaskan tentang sekelumit pengalaman serta syarat-syarat untuk mengikuti tes PKN STAN. Dalam sesi ini, nampak dari adik-adik kita sangatlah antusias mendengarkan, terlebih lagi bahwa PKN STAN adalah lembaga pendidikan yang sepenuhnya gratis dibiayai oleh negara dan lulusannya siap untuk “diperebutkan” dalam dunia kerja. Disamping menjelaskan syarat-syarat masuk, sesi ini juga memberikan tips dan trick bagaimana untuk mempersiapkan mental dalam menghadapi tes PKN STAN yang akan datang.

Tahap ketiga diisi oleh Nur Abdul Haris yang menjelaskan tentang cara cepat mengisi atau menjawab soal-soal TPA (Tes Potensi Akademik) dengan cara yang sederhana. Dalam sesi ini, banyak adik-adik kita yang merasa heran dengan trik yang dipaparkan oleh narasumber. Mereka tidak mengira bahwa cara untuk mengerjakan soal-soal matematika yang rumit ternyata mudah dan hanya membutuhkan waktu yang sebentar. Tak lupa setelah sesi ini berakhir, narasumber mempersilakan adik-adik kita untuk mengcopy file cara berhitung cepat dan menyebarkan untuk dipelajari bersama.

DSC 0055

Setelah seluruh sesi berakhir, barulah tim panitia memanggil rekan adik-adik kita yang tadi aktif dalam mengikuti sesi sosialisasi ini. Kemudian panitia membagikan hadiah kepada adik-adik kita berupa flash disk ataupun coklat batang sebagai apresiasi telah berpartisipasi. Tak lupa kita tutup acara dengan sesi foto bersama sebagai kenang-kenangan bahwa tim KPPN Bima pernah mampir kesana. (Rifqi A.N.)

DSC 0130

Add comment


Security code
Refresh

BANNER 

You need to upgrade your Flash Player